Advertisements
Cek Daftar Penerima Bansos 2022 Dan Cara Resmi Mendaftarnya

Cek Daftar Penerima Bansos 2022 Dan Cara Resmi Mendaftarnya

Advertisements

Kementerian Kesejahteraan Sosial saat ini sedang menyiapkan aplikasi bagi mereka yang berhak menerima Dana Bantuan Sosial. Pasalnya, bantuan tersebut tidak tepat sasaran dan ditujukan kepada orang yang tepat.

Kementerian telah menambahkan fitur baru: Penafian dan Pertunjukan. Fitur terakhir ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat luas tentang penyaluran dana bansos.

Fitur terakhir ini merupakan jawaban atas permasalahan mendasar dari permasalahan data penerima dukungan sosial. Termasuk mereka yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan sosial tetapi didukung secara sosial, atau yang memenuhi syarat tetapi termasuk dalam informasi penerima.

Sangat mudah untuk mendapatkan dukungan sosial dan mengkonfirmasi nama orang yang menerima dukungan sosial hanya dengan mengunduh “Formulir Permohonan Verifikasi Dukungan Sosial” Kementerian Sosial.

Hal ini dilakukan menurut Instagram resmi Kemensosri

TRENDING : Begini Cara Daftar Bansos UMKM 2,2 Juta Terbaru 2022 Secara Online

1. Unduh Cek Bantuan Sosial dari Play Store

Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi ini dan mendownloadnya dengan mengetik “Aplikasi Cek Bansos” di Play Store.

2. Pendaftaran

TRENDING : Download Aplikasi Cek Bansos Dari KEMENSOS, DISINI

Jika aplikasi berhasil diinstal, langkah selanjutnya adalah registrasi. Pasalnya, aplikasi tersebut hanya bisa diperoleh dari Kementerian Sosial yang memiliki user ID yang valid. Selanjutnya siapkan KK (Kartu Keluarga), NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan KTP dan sertakan email Anda saat proses pendaftaran.

Nantinya kamu akan diminta untuk berfoto selfie dengan KTP kamu untuk konfirmasi administratif. Anda kemudian akan menerima kode OTP yang dikirim ke email yang terdaftar.

3. Opsi menu

TRENDING : Syarat dan Cara Daftar Untuk Calon Penerima Bansos Dari Program Keluarga Harapan (PKH) 2022

Setelah proses registrasi, Anda akan dibawa ke menu utama. Jika Anda ingin memastikan nama Anda terdaftar sebagai penerima dukungan sosial, Anda bisa mengecek nama Anda di checklist Bansos dan pilih Suggestions List jika belum.

Akun yang terdaftar di aplikasi dapat mendaftarkan anggota keluarga lain, mendaftarkan diri, atau mendaftar langsung dan pilih menu Pilih Jenis Dukungan Sosial.

Informasi yang benar, nama, NIK, dan status berhasil dikirim (Kartu Keluarga), mengikuti saran dari kecamatan Dukapil dan KK.

4. Masukkan data pribadi Anda

TRENDING : Kabar Gembira! Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta Tetap Dicairkan Kemensos, Ini Syarat Agar Lolos

Langkah selanjutnya pilih menu Cek Bansos.

5. Hasil pencarian data

UNDUH APLIKASI DISINI

Ketika Anda memasukkan data pribadi di menu pencarian aplikasi ini, data itu akan ditampilkan.

  • Gubernur
  • negara bagian / kota
  • wilayah
  • Desa
  • kata benda
  • Umar
  • Status dana bantuan sosial yang diterima

Halaman ini memberikan informasi tentang jenis dana bantuan sosial yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan bantuan dari program BST, BNPT, atau PKH. Dengan dukungan sosial, waktu itu akan tiba.

6. Daftar lainnya

Formulir aplikasi oleh Kementerian Sosial ini akan menampilkan daftar lain seperti daftar profil, dukungan sosial, kualifikasi, dan lainnya.

Menu utama yang ditampilkan adalah menu profil. Termasuk nama pengguna dan profil bantuan yang disetujui. Terdapat juga menu family profile yang menampilkan daftar keluarga yang terdaftar.

Daftar berikut berisi daftar periksa dukungan sosial.

Terdapat pula menu feasibility response yang memberikan informasi tentang kelayakan pengguna sehingga pengguna langsung merespon sistem Kemensos setelah memberikan alasan yang valid.