Begini Cara Daftar Bansos UMKM 2,2 Juta Terbaru 2021 Secara Online

Pemerintah bakal semakin memberbagi bantuan sosial terhadap perusahaan UMKM pada periode baru 2021. Program ini telah berlangsung sejak pandemi Covid 19 untuk menolong para pelaku UMKM yang terakibat Covid 19.


Sebelumnya, kesejahteraan UMKM sukses disalurkan terhadap penerima yang terdaftar sebagai penerima kesejahteraan UMKM pada tahun 2020. Tetapi tetap tak sedikit yang belum memperoleh bantuan sosial, jadi pemerintah memperpanjang bantuan UMKM sampai tahun 2021.

Bantuan sosial UMKM ini bakal diberbagi terhadap 14 juta pelaku UMKM dengan kualitas 1,2 juta mulai Maret 2021.

Baca juga : Yuk Daftar DTKS Kemensos Untuk Mendapatkan Bansos PKH, BST, KIP

Bagi pelaku UMKM yang belum memperoleh bantuan sosial modal kerja, silahkan meperbuat pendaftaran online dengan cara gratis serta tak dipungut biaya. Berikut penjelasan tata tutorial pendaftaran bansos UMKM periode 2021 dengan cara online. Simak petunjuknya berikut ini

Baca juga : Mau dapat modal usaha 3,5 juta silahkan lihat cara nya disini

1. Pertama buka device kamu dengan paket data lalu buka halaman https://oss.go.id/portal/information/content/panduan_mikro_small

2. Apabila telah terbuka, langsung login ke OSS v1.1 melewati (https://oss.go.id) dengan akun yang dimiliki sebelumnya. Apabila Kamu belum mempunyai akun, Kamu bisa membikinnya terlebih dahulu.

3. Kemudian klik tombol Perizinan Usaha -> klik Perorangan -> lalu pilih:

Untuk Skala Usaha Mikro -> klik tombol Registrasi NIB Perorangan Mikro (Nomor Registrasi Usaha).

Baca juga : Begini cara mendapatkan bansos untuk anak sekolah

PROSES NIB DAN IZIN USAHA

1. Kamu wajib mengisi data/informasi yang kosong pada file form data profile. Kemudian klik tombol Simpan serta Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pada form data bisnis, klik tombol Add Business -> Lengkapi data sesuai dengan form data bisnis yang Kamu miliki sekarang -> klik tombol Save. Kemudian klik tombol Next (Apabila Kamu mempunyai lebih dari satu perusahaan, silahkan tambahkan kembali perusahaan tersebut dengan mengklik tombol Add Company sebelum mengklik tombol Next.

3. Pada formulir komitmen infrastruktur bisnis, Kamu bisa mengajukan permohonan izin lokasi skala kecil serta izin lingkungan (apabila diperlukan) -> klik tombol Berikutnya.

4. Pada desain Draft NIB serta Izin Usaha, Kamu bakal menonton simpelan data NIB serta Izin Usaha yang telah dibekali serta bisa menonton pratinjau konsep NIB, Izin Situs, Izin Lingkungan, serta Izin Usaha -> centang kotak disclaimer -> Klik tombol Tombol Proses NIB.

5. Pada desain Issue NIB serta Izin Usaha, Kamu bisa menonton hasil cetak NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, serta Izin Usaha. Kamu juga bisa mencetak izin usaha dalam format QR yang mempunyai data lebih detail memakai tombol Pratinjau Izin Usaha QR.

Untuk Skala Usaha Kecil -> klik tombol Pendaftaran NIB Perorangan Kecil.

Persyaratan mendaftar 1,2 juta bantuan UMKM

Persyaratan pendaftaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM merupakan:

warga negara indonesia

- Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Baca juga : Begini cara mendapatkan uang jutaan rupiah dari google

- Mempunyai usaha mikro

- Bukan pegawai negeri sipil, TNI/Polri, pegawai BUMN alias BUMD

- Sekarang tak menerima pinjaman alias pembiayaan dari bank serta KUR

- Bagi usaha mikro yang mempunyai KTP serta tak sedikit kantor bisa melampirkan surat keterangan usaha alias SKU.

Cara daftar UMKM BLT

Untuk bisa menerima BLT UMKM, calon penerima bantuan wajib diusulkan oleh badan pengusul, yang terdiri dari:

- Penanggung jawab Koperasi serta UKM

- Koperasi disahkan sebagai badan hukum

- Kementerian/Lembaga

- Perusahaan perbankan serta pembiayaan yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Untuk mendaftar 1,2 juta kesejahteraan UMKM untuk modal kerja, semoga menolong, periksa kembali info yang Kamu isi sebelum mengirimkannya, sebab satu huruf saja bisa gagal. Registrasi kesejahteraan UMKM 1,2 juta ini terbatas jadi Kamu wajib segera meperbuat registrasi sebelum kuota data tercapai

Sumber CNBC INDONESIA

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi