Advertisements
Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Cara Memperbaiki LCD HP Yang Rusak Karena Jatuh

Advertisements

Bagaimana cara memperbaiki kerusakan layar LCD HP yang disebabkan oleh jatuh? Apakah bisa diperbaiki sendiri atau harus dibawa ke service center? Sebelum membahas, disarankan untuk mengetahui karakteristik layar LCD smartphone terlebih dahulu.

Layar LCD atau Liquid Crystal Display merupakan bagian dari smartphone dan rentan terhadap kerusakan jika tergores atau terjatuh/kebanting oleh benda keras/tajam. Dari laman Wikipedia, definisi LCD adalah sejenis media tampilan yang menggunakan LCD sebagai pengumpul utama.

Jika layar LCD ponsel atau smartphone rusak karena kelalaian, ada risiko penghematan pembelian suku cadang LCD harus dikurangi jika ponsel rusak karena kerusakan tersebut. Telepon tidak dapat menampilkan apa pun di layar HP.

Namun apakah ada cara untuk memperbaiki kerusakan pada layar LCD ponsel karena terjatuh?

Cara memperbaiki layar LCD HP yang rusak

Tentu saja, jika Anda menjatuhkan atau menggores benda tumpul seperti kunci motor ketika Anda memasukkannya ke dalam saku celana dan layar LCD HP rusak, itu bisa sangat mengganggu.

Karena itu, jika tingkat kerusakannya tidak parah, Anda dapat memperbaiki layar LCD ponsel yang rusak karena terjatuh. Atau, kerusakannya hanya pada pencegahan goresan. Cara memperbaikinya sangat mudah, hanya mengganti anti gores dengan pergi ke counter HP yang biasanya banyak dijual.

Berikut ini beberapa masalah kerusakan LCD HP akibat goresan dan tetesan serta cara mengatasi/memperbaikinya.

Layar LCD Goresan/Baret

Jika layar LCD ponsel Anda rusak karena tergores atau tergores kunci motor, coba hilangkan goresan tersebut dengan pasta gigi.

Letakkan pasta gigi pada permukaan LCD yang rusak, biarkan beberapa saat, lalu gosok perlahan agar layar LCD ponsel kembali mulus.

Masalah layar berkedip LCD HP

Apakah layar LCD HP tiba-tiba menunjukkan goresan yang terus bergerak karena terjatuh? Ini disebut masalah kedipan dan harus segera diperbaiki sebelum menutup semua layar, sehingga tidak dapat digunakan.

Solusi untuk masalah layar hitam adalah dengan me-restart ponsel cerdas Anda dan masuk ke mode aman. Metode :

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga Anda melihat opsi mode aman, konfirmasi OK dan reboot dalam mode aman
  • Setelah memasuki mode aman, atur skala ke 60Hz. Arahkan ke ponsel yang terkena kedipan. Garis berkedip menghilang!

Namun jika layar LCD HP rusak parah karena terjatuh, solusinya bawa langsung ke service center jika masih bergaransi. Jika Anda belum pernah memperbaikinya, jangan coba-coba membongkar LCD yang mati total karena terjatuh. Pemaksaan dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada bagian lain di HP Anda.