Advertisements
Inilah Cara Mematikan Laptop Hang Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Mematikan Laptop Hang Yang Baik dan Benar

Advertisements

Cara Matikan Laptop yang baik dan Benar. Ingin tahu cara mematikan laptop secara baik dan benar? Nah, cara-cara tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan kerusakan software atau hardware.

Anda pasti pernah mengalami masalah dengan laptop yang tiba-tiba hang, bukan? Sekarang Anda tidak dapat menggerakkan mouse secara otomatis dan mengklik tombol restart atau shutdown, dan keyboard tidak akan berfungsi. Masalah seperti itu juga sering terjadi pada komputer /

komputer, dan Anda perlu mencari solusi atau prosedurnya, yaitu dengan cara mematikan laptop hang, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Sebenarnya, apa penyebab Laptop sering mati mendadak? Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini.

  • Laptopnya standar, tapi di pakai kerja berat, jadi CPU/prosesornya bekerja cukup keras.
  • Banyak program diinstal dan dijalankan saat startup.
  • Banyak layanan file dijalankan dari program yang diinstal di laptop Anda (Anda dapat melihatnya dari Windows Task Manager).
  • Performa laptop lambat karena beberapa program dijalankan oleh virus.
  • Terlalu banyak aplikasi atau program yang terbuka secara bersamaan.
  • Terlalu banyak memori yang digunakan
  • Banyak file sampah/junk sering menumpuk di harddisk anda dan bisa jadi masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab hang ini.

Tips untuk mematikan laptop yang Hang dengan benar

Hal pertama yang dapat Anda lakukan jika masalah ini tiba-tiba terjadi adalah me-restart laptop Anda. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mencoba metode berikut untuk memaksa laptop mati.

1. Merestart laptop

Jika langkah pertama klik Start (logo Windows) dan restart laptop Anda-> Jika Anda tidak bisa mematikan / restart karena mouse Anda lambat atau tidak bisa bergerak, Alt + F4 Anda dapat mencoba kombinasi tombol keyboard.

2. Klik tombol shutdown

Menekan kombinasi Alt + F4 memaksa aplikasi yang sedang terbuka untuk ditutup. Silakan coba beberapa kali. Jika cara ini berhasil, Anda dapat menggerakkan mouse dan bereaksi terhadap gerakan kursor dan langsung mengklik tombol shutdown.

3. Windows task manager

Jika cara ini tidak berhasil, cara selanjutnya adalah masuk ke Windows Task Manager dan tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Delete.

Jika berhasil, layar laptop Anda akan menampilkan opsi seperti (kunci PC ini, alihkan pengguna, keluar, ubah kata sandi, luncurkan pengelola tugas).

4. Start task manager

Pilih Start Task Manager untuk melihat aplikasi mana yang sedang berjalan dan biarkan berjalan di akhir tugas/shutdown.

5. Ctrl + Alt + Delete

Menekan Ctrl + Alt + Delete adalah cara mudah untuk mematikan laptop Anda. Ketika Anda menekan tombol grup, Anda akan melihat tombol shutdown di bagian bawah sehingga Anda dapat meluncurkan laptop Anda tanpa harus pergi ke Task Manager terlebih dahulu. Langsung dari laptop Anda.

Jika Laptop Anda tidak merespons dengan metode sebelumnya, Anda dapat menggunakan metode terakhir ini. Artinya, paksa laptop mati. Bagaimana? Tekan dan tahan tombol power selama 1-5 detik, atau tekan dan tahan tombol power sampai layar laptop mati total.

Oleh karena itu, jangan langsung marah atas terkenanya dampak kerusakan di laptop Anda. Anda dapat mengatasi masalah ini hanya dengan mengikuti tips dan beberapa cara untuk mencegah laptop Anda hang di atas.