Cara Cek Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 yang Cair Mei 2022

Cara Cek Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 yang Cair Mei 2022

Segera Login ke Cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat informasi cara cek bantuan sosial Tahap 3 PKH dan BPNT yang di bagikan pada Mei 2022 oleh Kemensos.

Cara cek penerima PKH dan BPNT Bansos Mei 2022 Tahap 2 oleh masyarakat umum atau KPM dapat menggunakan handphone untuk login ke website Cekbansos.kemensos.go.id dengan dukungan Kemensos.

Sedikit Informasi, PKH dan BPNT Bansos Tahap 3 ini merupakan bantuan dari beberapa penyaluran bansos yang pemerintah salurkan kepada fakir miskin atau dhuafa yang terdaftar dalam Data Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Nilai nominal uang yang dikeluarkan juga tergantung pada kategori kebutuhan KPM sebagai masyarakat atau penerima manfaat.

Kategori PKH (Program Keluarga Harapan) biasanya dibagi menjadi tujuh kategori. Namun, pada tahun 2022, kategori penerima PKH bertambah menjadi delapan opsi. Diantaranya ibu hamil, balita, siswa SD dan SMP, siswa SMA, lansia, penyandang disabilitas, dan PKH minyak goreng.

Sementara itu, BPNT sendiri akan dicairkan menjadi empat kategori pada Mei 2022: Rp 2,4 juta, Rp 600.000, Rp 500.000, dan BPNT minyak goreng.

Cara login ke Cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat Bantuan Sosial PKH dan BPNT Tahap 3 Mei 2022:

1. Sebagai langkah awal, login ke website Cekbansos.Kemensos.go.id.

2. Setelah login ke website, silahkan mengisi form pencarian data lengkap penerima BLT.

3. Kemudian masukkan data kabupaten tempat tinggal anda, sesuai dengan KTP anda.

4. Isi kolom Kabupaten atau Kota sesuai KTP Anda.

5. Isi kecamatan seperti yang tertera di KTP Anda.

6. Setelah mengisi Formulir Pencarian Bantuan Sosial PKH, Anda dapat memasukkan nama lengkap penerima Bantuan Sosial pada kolom sesuai KTP Anda.

7. Selanjutnya, pada langkah terakhir, masukkan kode OTP yang disediakan di website.

8. Selanjutnya pastikan form sudah lengkap kemudian klik daftar di data pencarian. Kemudian, jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima PKH dan Bansos Tahap 2 BPNT, rinciannya akan langsung ditampilkan.

Demikian penjelasan mengenai cara cek PKH Bansos Mei 2022 dan BPNT Tahap 3. Silakan login ke Cekbansos.kemensos.go.id dan dapatkan bantuan dari Kemensos.