Harga Beras Merah di Alfamart

Harga Beras Merah di AlfamartBeras merah merupakan beras gandum dengan kulit luar yang tidak bisa dimakan. Beras ini di makan tidak dengan kulit luarnya namun mempertahankan lapisan dedak serta biji yang memberi warna di beras merah. Sedangkan nasi putih merupakan biji-bijian yang sama tanpa kulit, lapisan dedak, serta biji-bijian.

Harga Beras Merah di Alfamart
Harga Beras Merah di Alfamart

Apakah di Alfamart ada jual beras merah?

Beras Merah Alfamart 2 kg merupakan beras merah yang ditawarkan oleh Alfamart. Produk beras merah yang ditawarkan Alfamart ini terbuat dari butiran beras premium pilihan yang diproses secara cermat untuk menghasilkan beras merah berkualitas.

Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh, apalagi nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih dan makan nasi merah tidak menyebabkan gangguan lambung pada seseorang.

Beras merah dapat diperoleh dari beras yang mungkin masih ada atau tidak ada sekamnya. Sedangkan beras putih berasal dari beras merah yang telah dihilangkan kulit dan dedaknya. Meskipun proses ini memperpanjang umur simpan beras, nutrisi dan sifat bermanfaat yang ada di sekam dan dedak hilang.

Beras merah harganya berapa?

Misalnya beras merah organik Lestari yang semula Rp 25.000 naik menjadi Rp 27.000 per kg. Sedangkan beras merah FS yang semula dijual Rp 23.000 turun menjadi Rp 20.000 per kg. Nasi merah berbeda dengan nasi putih.

Beras jenis ini sendiri sudah banyak dijual di berbagai pasar tradisional maupun minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Harga beras merah sangat bervariasi tergantung ukuran kemasan dan merk produk.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beras merah bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Nasi merah mengandung lebih banyak serat daripada nasi putih, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, beras merah menawarkan lebih banyak nutrisi daripada nasi putih.

Apa efek samping beras merah?

Nasi merah mengandung lebih banyak serat daripada nasi putih.

Ini adalah kemungkinan efek samping beras merah yang mungkin Anda alami.

  1. Menghambat penyerapan mineral.
  2. Paparan logam berat.
  3. Terkontaminasi dengan jamur beracun.

Nasi merah biasanya rasanya hambar dan tidak sebagus nasi putih. Ini karena kandungan bekatul yang cukup banyak di dalamnya. Karena itu, sebagian orang lebih menyukai rasa nasi merah yang cenderung gurih dan asin. Nah tentu saja hal ini bisa dicapai dengan menambahkan garam untuk merendam beras merah,

Menu sarapan untuk Anda yang ingin diet dengan nasi merah ialah cukup 5 sendok makan nasi merah serta sayuran hijau kukus seperti brokoli ditambah 1 gelas jus buah. Saat makan siang, Anda dianjurkan makan makanan dengan porsi lebih banyak dari sarapan.

Beras merah cocok dengan lauk apa?

Pelengkap lauk nasi merah untuk diet paling enak dan sehat

  • Telur rebus adalah lauk populer dengan nasi merah.
  • Dada ayam kukus juga merupakan makanan pokok.
  • Tahu orak-arik adalah pendamping yang nyaman dan lezat untuk nasi merah.
  • Paprika ikan menambah rasa pada nasi merah hambar Anda.

Beras merah ini tinggi serat serta rendah gula, sehingga bagus untuk menambahkan karbohidrat di dalam diet Anda. Basmati juga mengandung lebih sedikit arsenik daripada beras yang lain.

Beras merah sendiri berasal dari beras yang kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kadar airnya hingga mencapai minimal 14%. Kemudian lapisan terluar atau kulit ari/sekam dari biji padi tersebut dikupas dan hasilnya adalah beras merah.

Rendam beras merah di dalam air mineral atau air matang selama kurang lebih 30 menit. Setelah direndam, beras merah agak lunak. Kemudian tiriskan air dan masak nasi merah di rice cooker.

Beras merah cocok untuk apa?

Nasi merah tinggi serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini dapat memperlancar pencernaan dan memelihara bakteri baik di dalam usus. Padahal, bila dikonsumsi secara rutin, beras merah juga bisa mencegah sembelit.

Warna merah pada beras merah tercipta dari kandungan antosianinnya. Beras merah mengandung 7 gram protein serta 2 gram serat per 100 gram. Untuk beras hitam maupun beras merah harganya lebih mahal karena mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Berbeda dengan nasi putih, beras merah mempunyai rasa yang lebih tawar serta lebih lembut. Namun tekstur beras merah juga lebih keras serta lebih lembut dibandingkan beras putih.