Nama Obat Gatal Tablet di Apotik

Nama Obat Gatal Tablet di Apotik Pruritus (gatal) adalah perasaan tidak nyaman pada kulit yang memicu keinginan untuk menggaruk. Gatal patologis adalah rasa gatal yang sangat tidak menyenangkan, terjadi pada berbagai jenis penyakit kulit, serta berbagai jenis penyakit sistemik, sehingga menimbulkan dorongan kuat untuk menggaruk.

Nama Obat Gatal Tablet di Apotik
Nama Obat Gatal Tablet di Apotik

Apa nama pil obat gatal?

Alleron adalah salah satu obat antipruritus yang paling efektif. Obat ini digunakan untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga atau alergi. Alleron diklasifikasikan sebagai antihistamin yang memblokir histamin, yang memicu reaksi alergi.

Deksametason adalah obat kortikosteroid yang mencegah pelepasan zat penyebab peradangan dalam tubuh. Obat ini biasa digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti alergi dan masalah kulit.

Obat gatal apa yang bagus?

Berbagai jenis salep gatal

  • hidrokortison. Salep gatal yang mengandung hidrokortison biasanya digunakan untuk meredakan peradangan akibat gigitan serangga, paparan tanaman beracun, eksim, alergi, atau iritasi kulit.
  • Kalamin.
  • Krotamiton.
  • mikonazol.
  • asam salisilat.

Kulit gatal yang tidak kunjung hilang atau berlangsung lama dapat disebabkan oleh gangguan saraf. Beberapa jenis gangguan saraf yang dapat menyebabkan gatal antara lain eksim, herpes zoster, multiple sclerosis, dan neuropati.

Apa obat alergi kulit gatal?

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat gatal alergi yang dapat diberikan oleh dokter:

  • Kortikosteroid Topikal (OIL) Salah satu jenisnya adalah hidrokortison.
  • Salep kalamin. Salep kalamin terbuat dari campuran seng oksida dan berbagai bahan lainnya.
  • Antihistamin.
  • Kortikosteroid oral dan injeksi.

Saat digaruk, massa sel yang mengandung histamin dipecah dan lebih banyak histamin ditambahkan. Makanya digaruk malah tambah gatal,” jelas dokter Zaki, dikutip dari siaran IGTV Ayahbunda, Rabu (10/7/2020). Jika terus digaruk, pasti akan muncul lepuh di kulit.

Apakah obat ctm bisa menghilangkan gatal?

Obat ini digunakan untuk mengobati gejala alergi seperti gatal-gatal, urtikaria, dermatitis.

Gatal biasanya bersifat sementara, hilang dengan sendirinya, atau dapat diobati dengan perawatan sederhana.

Gatal tubuh tanpa alasan paling sering dipicu oleh alergi. Penyakit lain seperti gigitan nyamuk, efek samping obat, gangguan saraf, masalah psikologis dan penyakit sistemik juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada tubuh tanpa alasan, dengan atau tanpa benjolan.

Obat ctm untuk apa saja?

Chlorpheniramine, atau CTM, adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala alergi yang dapat dipicu oleh makanan, obat-obatan, gigitan serangga, paparan debu, kontak dengan bulu hewan peliharaan, atau kontak dengan serbuk sari. Obat ini juga digunakan untuk meredakan gejala flu biasa.

Reaksi alergi pada kulit terjadi sebagai akibat dari respon sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Reaksi alergi ini kemudian menyebabkan iritasi, ruam, bengkak dan gatal.